Review / Ulasan Anime : Mahou Shoujo Lyrical Nanoha StrikerS (Season 3)

Review / Ulasan Anime : Mahou Shoujo Lyrical Nanoha StrikerS




Anime ke 3 dari seri Mahou Shoujo Lyrical Nanoha. Ditayangkan pada musim dingin tahun 2007. Akhirnya seri ini benar - benar masuk ke genre militer di seri ini. Nanoha berkerja sebagai instruktur tentara sihir dan Fate sebagai "enforcer".


Sinopsis :

Cerita berlatar 10 tahun setelah seri sebelumnya, Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A's. Nanoha, Fate, dan Hayate yang sudah dewasa kini berkerja di TSAB dengan posisi mereka masing - masing.

Cerita diawali dengan tes untuk mengambil lisensi penyihir peringkat B oleh Tiana Lanstar dan Nakajima Subaru lalu dilanjutkan dengan terbentuknya Kidou Rokka atau divisi siap - tanggap ke enam.

Pembentukan divisi ini memiliki arti yang penting sampai - sampai ada banyak penyihir tingkat atas (Nanoha, Fate, Hayate dkk) yang ada dalam satu divisi (seharusnya itu adalah hal yang sangat jarang terjadi, sehingga mereka diwajbkan untuk menggunakan pembatas kekuatan). Untuk mengambil alih lost logia...

Musuh yang tak diketahui, berbentuk drone dan robot yang memiliki daerah penangkal sihir, anak kecil yang membawa lost logia dikakinya. Cerita akan berlanjut ke arah pertempuran epik yang tak terduga..

Evaluasi :
Plot cerita : 10/10
Tentang Nanoha dkk yang sudah dewasa dan penyihir - penyihir muda yang baru pertama kali dalam pertempuran. Adanya karakter baru menambah kesan "dewa" yang dimiliki oleh Nanoha dkk (bisa menghancurkan kota waktu SD) lalu sosok mereka yang sudah dewasa dengan beberapa perubahan di penampilan maupun sifat (Fate Harlawn Tertarossa ftw !!).

Cerita mahou shoujo yang merujuk ke militer. Mulai dari pembentukan kidou rokka yang mendapat banyak tentangan sampai pelatihan penyihir baru yang bersifat agak militer (berbeda dengan nanoha dulu yang berlatih secara otodidak bersama Raging Heart) memberi daya tarik tersendiri di anime ini.

Gambar : 8/10
Gambar yang masih sama saja setelah 1 tahun berlalu, mungkin kalau ada perubahan hanya ada di rambut karakter barunya yang sudah tidak memakai gaya yang lama (rambut yang sudah tidak ada jambulnya).

Suara : 8/10
Sound effect dan BGM yang enak ditelinga dan seiyuu (pengisi suara) yang sudah mantap memerankan peran mereka masing masing

Karakter 10/10
Mahou shoujo yang kecil - kecil sudah dewasa.., lalu ada beberapa karakter baru yang menambah daftar mahou shoujo di anime ini.



Teana Lanster


Mahou shoujo twin tail yang bercita - cita menjadi enforcer sama seperti Fate. Devicenya adalah pistol (dan akan deberi device baru saat masuk ke kidou rokka yang bernama Cross Mirage). Spesialisasinya adalah pertempuran jarak menengah dan sihir ilusi tipe belka. Ia dilatih sendiri oleh Nanoha untuk menjadi center yang baik. 

Karakter ini digambarkan sebagai gadis yang keras kepala dan terus berusaha keras menuju cita- citanya walaupun dengan percaya diri yang tidak terlalu besar yang ia tutupi dengan kerja kerasnya.


Nakajima Subaru

Mahou shoujo dengan pukulan dan tendangan, Nakajima Subaru mengandalkan keahlian jarak dekatnya dalam pertempuran dan menggunakan "Wing Road" sebagai ganti sihir terbang (ia tak bisa terbang sama seperti Teana).

Pada awal cerita Subaru dan Teana mengambil tes untuk kenaikan ranking penyihir. Keadua karakter ini sudah berkenalan sejak masa SMA karena kesamaan mereka yang menggunakan device buatan sendiri dan sihir tipe Belka

Satu jalur menuju tempat aman, kata - kata faforitnya. Dengan sarung tinju revolver ditangan kanannya dan sepatu roda di kakinya ia terinspirasi oleh Nanoha yang telah menyelamatkannya saat ia masih kecil dan bercita - cita untuk menyelamatkan orang yang sedang kesusahan seperti dirinya yang pernah diselamatkan oleh Nanoha.

Digambarkan sebagai karakter yang setia kawan, karakter ini mempunyai sisi gelap sendiri yang akan diceritakan di bagian akhir seri.


Caro Ru Lushe

Datang dari dunia lain, ia merupakan penyihir pemanggil naga dengan spesialisasi sihir dukungan. Ia masuk ke kidou rokka atas bimbingan Fate Harlawn Tesstarossa.

Digambarkan sebagai loli yang ceria dan bersemangat namun tidak maksa (seperti karakter anime pada umumnya). Tak mudah menyerah dan selalu mencari jalan keluar adalah sisi baiknya.

Sama seperti Subaru, karakter ini memiliki sesuatu yang akan dikembangkan di ceritanya..


 Vivio

Nah.. ini dia karakter misterius yang ada di sinopsis tadi. Kalau menceritakan karakter ini saya tak dapat mengelakkan akan adanya spoiler, jadi tak akan saya ceritakan.

Vivio di seri ini (hanya di seri ini ..) digambarkan sebagai anak kecil yang berhati kecil dan takut akan sekeliliggnya.

Kesimpulan :
Mengkuti perkembangan seri Nanoha sampai season ke 3-nya tak akan menimbulkan kebosanan, bahkan akan merasa ingin melihatnya lagi.

Perkembangan karakter utama yang dari SD sampai lulus SMA, rasa - rasa militer yang khas, dan pertempuran yang tak kalah dahsyatnya seperti seri - seri sebelumnya secara keseluruhan animu ini saya beri nilai 9/10 (lebih rendah karena tidak fokus ke Nanohanya).

Karena kau sudah melihat seri pertama dan kedua pastikan untuk melihat seri ketiga ini !. Di seri ini cerita tentang belkan akan sedikit terungkap dan kondisi dunia mid-childea akan diceritakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar